Pengaruh Latihan Pliometrik Terhadap Hasil Lompat Jauh
Kata Kunci:
pliometrik, lompat jauhAbstrak
Tujuan untuk menganalisis pengaruh latihan pliometrik terhadap kemampuan lmpat jauh. Dalam penelitian ini, menggunakan metode kuantitatif dengan eksperimen sebab peneliti ingin mengetahui secara pasti penggunaan latihan pliomterik pada kemampuan lompat jauh, siswa di dua kelompok sampel yang dijadikan penelitian. Desain penelitian yang digunakan ialah Posttest-Only Control Design. Hasil penelitian ini menunjukkan yakni pembelajaran berdeklamasi menggunakan pliometrik mempunyai pengaruh yang signifikan. Pengujian hipotesis melalui uji-t, kriteria pengujian: apabila thitung > ttabel, Ha diterima. Sedangkan, apabila thitung < ttabel Ha ditolak. Berdasarkan nilai signifikansi yaitu: apabila Sig. (2-tailed) > 0,05 H0 diterima. Sedangkan, apabila Sig. (2-tailed) < 0,05 H0 ditolak, dengan tingkat signifikansi α= 5%. Berdasarkan perhitungan, menunjukkan bahwa thitung > ttabel (th : 5,643 > tt : 1,996) dengan signifikansi 5% dan db 66 Ha diterima. Selain itu, uji-t juga memiliki Sig. (2-tailed) = 0,000. Karena signifikannya lebih kecil dari 0,05 (5%), Ha diterima. berarti ada perbedaan signifikan kemampuan berdeklamasi pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Dengan ini didapatkan bahwa latihan memakai pliometrik lebih berpengaruh daripada latihan berdeklamasi tanpa menggunakan pliometrik.
Referensi
Anggara, D., & Yudi, A. A. (2020). latihan pliometrik berpengaruh terhadap smash vollyball.
Ayu Puspita Putri. (2020). EFEKTIFITAS LATIHAN PLIOMETRIK DALAM MENINGKATKAN POWER.
Aziz, M. A., & Yudi, A. Y. (2020). Perbedaan Pengaruh Latihan Pliometrik Dan Kecepatan Lari TerhadapKemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok.
Haeril, & Arum, A. T. (2020). HUBUNGAN DAYA LEDAK TUNGKAI DAN KESEIMBANGAN TERHADAP KEMAMPUAN LOMPAT JAUH SISWA SMP NEGERI 1 EREMERASA KABUPATEN BANTAENG. Jurnal Sport Science.
Hayuningtyas, N. E., Wijayanti, A., & Muhajir, M. (2018). METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA SEKOLAH DASAR. PAEDAGOGIA, 20(2), 150. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i2.8906
Firminus, Kaswari, H., & Purnomo, E. (2018). PENGARUH METODE BERMAIN TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA MENGGANTUNG.
M.Ridwan, & Sumanto, A. (2016). Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai, Kecepatan dan Kelentukan dengan Kemampuan Lompat Juah.
Mulyana, F. R. (2018). HUBUNGAN FLEKSIBILITAS PANGGUL DAN POWER OTOT LENGAN DENGAN KETERAMPILAN STUT PADA SENAM LANTAI. Journal of S.P.O.R.T, 2(1).
Musiandi Tika, & Taroreh, B. S. (2020). Pengembangan Pembelajaran Atletik Melalui Pendekatan Permainan Tradisional Sumetara Selatan. Jurnal Olympia.
Prasetya SY, R. R., & Maksum, A. (2013). HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT TUNGKAI DENGAN HASIL BELAJAR LOMPAT JANGKIT SISWA SMAN 1 TAMAN. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Keshatan, 1(1).
Puput, G., Kurniawan, D., & Syakib, A. (2022). EFEKTIFITAS PLIOMETRIK PUSH UP UNTUK MENINGKATKAN DAYA LEDAK OTOT LENGAN (STUDI KUASI EKSPERIMEN PADA ANGGOTA TIM MATADOR
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Admin Pendukung

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.