PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI WATTPAD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS IX DI SMP RIYADLUL MUBTADIIN
PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI WATTPAD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS IX DI SMP RIYADLUL MUBTADIIN
Kata Kunci:
Media pembelajaran, Aplikasi Wattpad, Kemampuan menulis naskah dramaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Wattpad terhadap kemampuan menulis naskah drama. Dalam kurikulum 2013 kelas IX SMP semester pertama, pembelajaran menulis naskah drama mencakup beberapa standar kompetisi dalam bidang menulis: (1) membandingkan teks film/drama baik secara lisan maupun tulisan, (2) membuat teks film/drama yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan ditulis atau diucapkan, dan (3) menganalisis teks film/drama baik secara lisan maupun tulisan. Hasil pengembangan kurikulum sebelumnya merupakan kompetensi dasar untuk menulis naskah drama tersebut (sari et al., 2023). Penelitian ini dilakukan di SMP Riyadlul Mubtadiin pada kelas IX D dan kelas IX B semester 2 tahun ajaran 2023/2024. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 121 siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan etode penelitian yang digunakan adalah true eksperimen dengan post test only control desain. Pengambilan sampel dilakukan teknik random sampling dimana diperoleh sampel penelitian meliputi 30 siswa kelas IX D sebagai eksperimen dan 30 siswa kelas IX B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa essay sebanyak 11 soal. Dalam kelas eksperimen yang diberi perlakuan media pembelajaran berupa aplikasi wattpad, sedangkan di kelas kontrol menggunakan aplikasi fizzo. Pengujian hipotesis ini diuji dengan uji-t, dengan kriteria pengujian: jika thitung > ttabel, maka Ha diterima. Sedangkan, jika thitung < ttabel maka Ha ditolak. Berdasarkan nilai signifikansi adalah sebagai berikut: Jika Sig. (2-tailed) > 0,05 maka H0 diterima. Sedangkan, jika Sig. (2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak, dengan tingkat signifikansi α= 5%. Berdasarkan perhitungan, menunjukkan bahwa thitung > 0,05 (th : 6.893 ≥ 0,05) pada taraf signifikansi 5% maka Ha diterima. Selain itu, hasil perhitungan uji-t juga memiliki Sig. (2-tailed) = 0,000. Karena signifikannya lebih kecil dari 0,05 (5%), maka Ha diterima penelitian yang diperoleh menggunakan uji t yaitu t hitung > 0,05 (6.893 ≥ 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan aplikasi wattpad terhadap kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas IX SMP Riyadlul Mubtadiin.
Referensi
Arikunto.(2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.
Arsyad, Azhar.(2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Aulia, P. H., Triyadi, S., & Setiawan, H. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Wattpad Terhadap Kemampuan Menulis Teks Drama Siswa Kelas Viii Smp Islam Yaspia. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(3), 101.
Basaruddin, I., & Afningsih, N. (2022). Pengaruh Kebiasaan Menonton Drama Korea Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Singkat Oleh Siswa Kelas Xi Smk Negeri 2 Medan. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 36–45.
Faturohman, U. A., Firdaus, A., & Suparman, F. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Sosiodrama Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Kota Sukabumi. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia,4(1),59–63.
Julie Ann Dawn, dkk. 2015. The “WATTYFEVER” Contructs Of Wattpad Readers On Wattpads Role In Their Lives. Comunication research vol 2 no 1.
Lueke, Thomas dkk. 2013. Disrupting the publishing value chain. ResearchGate.
Ningrum, D. M. F., Ristiyani, R., & Roysa, M. (2023). Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Menggunakan Aplikasi Wattpad. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 26–32.
Nur, F. A., & Rosadi, M. (2022). Pengaruh Media Aplikasi Wattpad Terhadap Kemampuan Menulis Sebuah Teks Narasi Siswa Kelas X Sma Rizki Ananda Tahun Ajaran 2022-2023. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 27–35.
Nurpadillah, V. (2021). Kontribus Sastra Siber Terhadap Pembelajaran Menulis Teks Sastra Bagi Mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia.
Putri, N. N., & Rukiyah, S. (2021). Keefektifan Media Wattpad Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X Smk Setia Darma Palembang. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(1), 381–394.
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenamedia group.
Sari Purnama Dina. 2017. Pengembangan menulis kreatif melalui wattpad.
Simbolon, H., Resmi, R., Nasution, T., & Marini, N. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Penggunaan Aplikasi Noveltoon Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama. Jurnal Komunitas Bahasa, 10(2), 74–77.
Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutarini, S., & Dwi, D. F. (2022). Efektivitas Aplikasi Wattpad Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Baca. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 78–84.
Syamsiah, S. (2019). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca Berbasis Aplikasi Wattpad Dengan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas Xi Sma Negeri 11 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jakarta: Fitk Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.
Yanasari, T. L., & Sari, R. K. (2022). Kemampuan Menulis Naskah Drama DenganMenggunakan Aplikasi Wattpad Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Tarakan. Prosiding Seminar Nasional Salingdidik, 9.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Lestari, Christian Erickson Sitio, Novianti Sisilia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.