ANALISIS PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA BUKU BERGAMBAR DI TK ISLAM MAULANA SIDDIQ

ANALISIS PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA BUKU BERGAMBAR DI TK ISLAM MAULANA SIDDIQ

Penulis

  • Elis Anggiah STKIP Mutiara Banten
  • Eman Supriatna STKIP Mutiara Banten

Kata Kunci:

Bahasa, Bercerita, Media Gambar

Abstrak

Perkembangan berbahasa (linguistik) adalah perkembangan anak dalam mengolah kata secara efektif secara lisan maupun tulisan. Tujuan nya sebagai alat komunikasi, memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan. Dan membantu anak untuk berinteraksi dengan baik dengan lingkungan sosialnya.Metode bercerita merupakan salah satu upaya dalam mengembangkan perkembangan berbahasa pada anak usia dini. Untuk itu permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana perkembangan berbahasa anak usia dini melalui metode bercerita,untuk menjawab masalah penelitian digunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian guru dan siswa, tekhnik pengumpulan datanya observasi,wawancara,dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah perkembangan metode sudah berkembang untuk perkembangan berbahasa anak usia dini. Dalam pelaksanaan guru sudah optimal dalam menggunakan metode bercerita. Analisis data kualitatif bersifat induktif yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh,selanjutnya dikembangkan.

Referensi

Alamsyah Said, (2015), Strategi Mengajar, Jakarta, Prenadamedia.

Alfiah, (2010),Hadist Tarbawi Pendidikan Islam Tinjauan Hadis Nabi, Jakarta.

Hamid Pattiliam, (2005), Metode Pengembangan Kualitatif, Jakarta, Alpabeta.

Muhibbbin Syah, (2010) Pisikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung , Remaja Rosdakarya.

Mulyanto Sumardi, (2018), Pengejaran Bahsa Asing, Jakarta, Bulan Bintang.

Peter Salim, (2017), Kamus Besar Bahasa Indonesia Kontemporer, Jakarta, Modern English.

Ramayulis Dan Samsul, (2009), Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta , Kalam Mulia.

S.Nasution, (2006) Metode Reserch Penelitian Ilmiah, Jakarta, Bumi Aksara.

Suharsini Arikunto, (1991), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta, Rineka Cipta.

Suryadi, (2014), Teori Pembelajaran Anak Usia Dini, Bandung,Remaja Rosdakarya.

Sutrisno Hadi, (2010), Metodelogi Research, Yogyakarta, FB UGM, Yogyakarta.

Syaiful Bahri Djamarah,(2013), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta Cipta. Sugiyono,(2008), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif dan R&D, Bandung, Alfabeta Sutrisno Hadi, Metode Reserch, Jilid 1, Andi Opset Yogyakarta.

Tohirin.(2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, Jakarta, Rajawali Press. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, (SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003, Yogyakarta Dharma Bakti.

Unduhan

Diterbitkan

28-06-2024