ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN PADA PENULISAN KARANGAN TEKS NARASI SISWA SMK PANDEGLANG
Kata Kunci:
Kesalahan Ejaan, Karangan NarasiAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaanejaan dalam penulisan karangan narasi siswa kelas X SMK Bina Insani Al- Barokah Pandeglang. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dillakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) membaca satu persatu semua karangan siswa. (2) menandai atau mengidentifikasi kesalahan yang terdapat dalam karangan siswa. (3) mengelompokkan data sesuai dengan jenis kesalahan. (4) mendeskripsikan kesalahan. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa kesalahan ejaan pada karangan narasi siswa kelas X SMK Bina Insani Al-Barokah Pandeglang adalah kesalahan pemakaian huruf kapital berjumlah 246 kasus kesalahan, kesalahan penulisan kata depan berjumlah 95 kasus kesalahan, dan kesalahan pemakaian tanda baca titik (.) berjumlah 96 kasus kesalahan dan tanda baca koma (,) berjumlah 91 kasus kesalahan. Dalam penulisan karangan narasi, beberapa kesalahan tersebut dapat berdampak buruk jika terus dibiarkan karena beberapa kesalahan tersebut berpengaruh dalam penulisan yang sesuai dengan ejaan.
Referensi
Agustina, Eti. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Media Gambar Berseri Pada Peserta Didik Kelas IV Mima IV Sukabumi Bandar Lampung. Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Bandar Lampung.
Dalman, H. 2019. Keterampilan Menulis. Depok: PT. Raja Grafindo Persada. Helaluddin, Awalludin. 2020. Keterampilan Menulis Akademik. Serang-Banten: Media Madani.
Henry Guntur Tarigan, Djago Tarigan. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Purbania, B., Rohmadi, M., & Setiawan, B. Writing Ability of Description in Students of XI Grade at Vocational School. PAEDAGOGIA, 22(1), 27-39.
Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tambahan Lembaran RI Nomor 4301. Sekretaris Negara. Jakarta.
Sumarno, 2020. Analisis Isi Dalam Penelitian Pembelajaran Bahasa Dan Sastra.
Lampung Utara: Universitas Muhammadiyah Kotabumi.
Ulum, Uyung Amilul, and Sumiratna Dewi. "Upaya Meningkatkan Kemampuani Menulis Pupuh Kinanti Bahasa Sunda dengan Menggunakan Teknik Celetuk di Kelas IX A Semester 5 (Ganjil) SMP Negeri 1 Kaduhejo Tahun Pelajaran 2018/2019." E-Jurnal Pendidikan Mutiara 6.2 (2021): 92-82.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Asdarina, Erin Septiana Refsi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.