Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Media Film Pada Siswa Kelas Ix Semester Genap Smp Annur Kronjo
Kata Kunci:
media, film, menulis cerpenAbstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) peningkatan kemampuan siswa dalam menulis cerpen dengan menggunakan media film, (2) media film yang mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerpen, (3) langkah-langkah pembelajaran menulis cerpen yang tepat melalui penggunaan media film, dan (4) respons siswa terhadap penggunaan media film dalam pembelajaran menulis cerpen. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas IX SMP Annur Kronjo. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan siswa, media film yang digunakan, langkah-langkah, dan respons siswa dalam penggunaan media film. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, metode dokumentasi, dan metode observasi. Data yang diperoleh dari metode tes dengan teknik deskriptif kuantitatif.
Data yang diperoleh dari metode dokumentasi dan metode observasi dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan skor rata-rata nilai kelas dalam tes menulis cerpen sebesar 17,13 dari 65,8 pada siklus I menjadi 82,93 pada siklus II, (2) media film yang berjudul “JODOHKU DISIMPAN TUHAN” dapat memberikan inspirasi dan menumbuhkan rasa percaya diri siswa ketika menulis cerpen, (3) ada beberapa langkah dalam pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media film, yaitu memberikan contoh nyata saat menjelaskan materi, memberikan penguatan, menggunakan film yang menarik perhatian siswa, dan memberikan penghargaan kepada siswa yang aktif di kelas, dan (4) siswa memberikan respons sangat positif terhadap penggunaan media film dalam pembelajaran menulis cerpen. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia di SMP Annur Kronjo agar menggunakan media film ketika mengajarkan siswa materi menulis cerpen sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditemukan dalam penelitian ini.
Referensi
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktek. PT. Rineka Cipta:Jakarta.
Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. RAJAWALI PERS:Jakarta.
Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press : Yogyakarta.
Sadiman. 2002. Pembelajaran & Proses Belajar Mengajar. Grafindo Persada : Jakarta.
Septiani, Nurul Melti Indah. 2007, Peningkatan Kemempuan Menulis Cerpen melalui Teknik Pengandaian Diri Sebagai Tokoh dalam Cerita dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas X4 SMA N 2 Tegal. Unnes:Semarang.
Sudarman. 2008. Menulis Di Media Massa. Pustaka Pelajar : Yogyakarta.
Sudjana, Nana. 2009. Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo : Bandung.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. ALFABETA:Bandung.
Tarigan, 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Angkasa Bandung:Bandung.

Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2018 Jurnal Pendidikan Mutiara

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.