ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERDEKLAMASI SISWA SMA

ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERDEKLAMASI SISWA SMA

Penulis

  • Asdarina STKIP Mutiara Banten
  • Abdul Gopur F STKIP Mutiara Banten

Kata Kunci:

Media audio visual, Kemampuan berdeklamasi

Abstrak

Tujuan untuk menganalisis pengaruh media audio visual terhadap kemampuan berdeklamasi pada siswa. Dalam penelitian ini, menggunakan metode kuantitatif dengan eksperimen sebab peneliti ingin mengetahui secara pasti penggunaan media audio visual pada kemampuan berdeklamasi siswa di dua kelompok sampel yang dijadikan penelitian. Desain penelitian yang digunakan ialah Posttest-Only Control Design. Hasil penelitian ini menunjukkan yakni pembelajaran berdeklamasi menggunakan media audio visual mempunyai pengaruh yang signifikan. Pengujian hipotesis melalui uji-t, kriteria pengujian: apabila thitung > ttabel, Ha diterima. Sedangkan, apabila thitung < ttabel Ha ditolak. Berdasarkan nilai signifikansi yaitu: apabila Sig. (2-tailed) > 0,05  H0 diterima. Sedangkan, apabila Sig. (2-tailed) < 0,05 H0 ditolak, dengan tingkat signifikansi α= 5%. Berdasarkan perhitungan, menunjukkan bahwa thitung > ttabel (th : 5,643 > tt : 1,996) dengan signifikansi 5% dan db 66 Ha diterima. Selain itu, uji-t juga memiliki Sig. (2-tailed) = 0,000. Karena signifikannya lebih kecil dari 0,05 (5%), Ha diterima. berarti ada perbedaan signifikan kemampuan berdeklamasi pada kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Dengan ini didapatkan bahwa pembelajaran berdeklamasi memakai media audio visual lebih berpengaruh daripada pembelajaran berdeklamasi tanpa menggunakan media audio visual.

Referensi

Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3 (2), 78–90.

Alfin, J. (2014). Apresiasi Sastra Indonesia. UIN Sunan Ampel Press.

Asdarina; Witasari, D. (2020). Perbandingan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Mts. Ashhabul Yamin Dan Mts Nurul Huda (Studi Kasus Di Kelas Vii Smp Islamic School Citra Raya Cikupa Dan Siswa Kelas Vii Mts As Habul Yamin Balaraja). E-Jurnal Pendidikan Mutiara, 5(1), 17–30.

Awal, R., Sari, M., & Suharni, S. (2019). Efektivitaspenggunaankelas Virtual Menggunakan Aplikasi Edmodo. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 4(2), 102–106.

Hanief, Yulingga Nanda dan Wasis Hirmawanto. 2017. Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Pradopo, R. D. (2007). Pengajian puisi. Yogyakarta. University Press. San Diego: Edits Publisher.

Purwono, J. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2).

Rengur, A. L. (2009). Peningkatan kemampuan apresiasi puisi melalui metode bengkel sastra siswa kelas II SMA Negeri 11 Ambon. Universitas Negeri Malang.

Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, CV

Sulkifli, M., & Marwati, M. (2016). Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 3 Langgikima Kabupaten Konawe Utara. Jurnal Bastra, 1(1), 1–22.

Tsani, I., Arsyadana, A., Sufirmansyah, & Shafira, E. (2021). Evaluasi Model CIPP Pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 7 Kota Kediri. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 17–45.

Y., Wahyuni, S., & Harun, M. (2018). Analisis struktur fisik dan struktur batin puisi anak dalam majalah potret anak cerdas. Master Bahasa, 6(2), 115–125.

Unduhan

Diterbitkan

28-06-2024

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama