Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Indonesia

Penulis

  • Sanata Prayojana STKIP Mutiara Banten
  • Asdarina STKIP Mutiara Banten

Kata Kunci:

Pengusaha UMKM

Abstrak

Abstrak. Koperasi menjadi prioritas lembaga perekonomian di banyak negara, termasuk Indonesia. Maka banyak pelatihan tidak dipungut biaya yang diadakan oleh koperasi bekerja sama dengan lembaga pemerintahan. Kesempatan tersebut sangat bermanfaat bagi masa depan usaha. Terutama usaha yang masih digolongkan sebagai UMKM (kecil dan menengah). Kebanyakan pelatihan itu ditujukan bagi pelaku usaha kecil dan menengah yang diusahakan terus bertumbuh di Indonesia.

Jenis pelatihannya pun macam-macam, dari mulai pelatihan manajemen usaha, keuangan, kemasan dan kualitas produk. Bahkan pelatihan perizinan usaha, kehalalan serta proses ekspor ke luar negeri pun ada.

Referensi

Sri Lestari Rahayu, 2005, Analisis Peranan Perusahaan Modal Ventura Dalam Mengembangkan UKM Di Indonesia, Kajian Ekonomi dan Keuangan,Badan Pengkajian Ekonomi, Keuangan dan Kerjasama Internasional.

Sri Mulyati Tri Subari, 2004. Kebijakan dan Strategi Pengembangan Bank Indonesia dalam Mendukung

Pelayanan Keuangan yang Berkelanjutan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Deputi Direktur Direktorat Pengawasan Bank Perkreditan Rakyat.

Sri Winarni, 2006. Strategi Pengembangan Usaha Kecil Melalui Peningkatan Aksesibilitas Kredit Perbankan. Infokop Nomor 29 Tahun XXII, 2006.

Sitio Arifin, 2001. Koperasi Teori dan Praktik. Erlangga.

Unduhan

Diterbitkan

01-03-2021

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>