Peningkatan Keterampilan Pidato Dengan Menggunakan Metode Role Playing Pada Kelas X Ips B Ma Mii Al-Hikmah Cidangiang
Kata Kunci:
Keterampilan Pidato, Metode Role Playing, Hasil Belajar.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan penjelasan mengenai 1) Minat siswa dalam pembelajaran keterampilan berpidato dengan menggunakan metode role playing. 2). Keaktifan siswa dalam pembelajaran keterampilan berpidato dengan menggunakan metode role playing. 3). Keterampilan siswa dalam pembelajaran keterampilan berpidato dengan menggunakan metode role playing. Metode penelitian ini yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas X IPS B MA MII Al-Hikmah Cidangiang. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tekhnik observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, yang dilakukan pada siswa kelas X IPS B pada tahap pra siklus dari 31 siswa kemampuan hanya berjumlah 11 siswa atau sebesar 21,88%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I kemampuan siswa meningkat menjadi 20 siswa atau sebesar 57,72%, jumlah kemampuan siswa meningkat pada siklus II sejumlah 25 siswa atau 85,18%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode role playing dapat meningkatkan kemampuan pidato siswa pada siswa kelas X IPS B MA MII-Al Hikmah Cidangiang. Dalam pembelajaran berbicara, seorang guru hendaknya kreatif dalam menentukan media keterampilan berbicara agar siswa tidak jenuh dalam megikuti pembelajaran.
Referensi
Abdurrahman, Emha. 2012. Pengertian Pidato. Bandung: Bumi Aksara.
Arikuntom, suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi aksara.
Asra. 2009. Prosedur Pembelajaran dengan Menggunakan Metode Role Playing. Yogyakarta: Absolut.
Athea. 2009. Mahir Berbicara. Bandung: PT Puri Pustaka.
Fadhila, Anisa. 2018. Minat Belajar Pidato dengan Menggunakan Metode Role Playing pada kelas XI IPS 1 Man 19 Jakarta.
Fauzani, Muhammad, dkk. 2015. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Presindo.
Iskandar, wassid, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Pt. Rosdakarya.
Mini. 2014. Langkah-langkah pidato, metode pidato dan tujuan pidato. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nining, 2016. Kemampuan Berpidato. Gorontalo: Voladon.
Purwanto. 2013. Minat. Padang: Angkasa Raya.
Rahmat. 2009. Hakikat Pidato. Jakarta;Prestasi Pustaka.
Sagala. 2009. Kelebihan dan Kekurangan Metode Role Playing. Yogyakarta: Pustaka Islam Madani.
Sanjaya, 2011. Metode Role Playing. Bandung: Angkasa.
Satria. 2008. Pengertian Keterampilan dan Jenisnya. Jakarta: Sarana Aksara Pelita.
Savin. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno. 2008. Hakikat Role playing. Jakarta: Bumi Aksara.
Wiratmaja, Rochiawati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru Bandung: Rosda Karya Remaja.
Wiyanto, Asul. 2001. Terampil Pidato. Jakarta: Pt Grasindo.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pendidikan Mutiara

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.