Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Dengan Metode Field Trip Pada Siswa Kelas Viii A Mts As-Suwitamiyah Cibeureum

Penulis

  • Muhamad Juwayni

Kata Kunci:

Keterampilan Menulis Teks Berita Dengan Metode Field Trip

Abstrak

Keterampilan menulis teks berita siswa MTs As-Suwitamiyah Cibeureum masih kurang. Hal ini disebabkan oleh faktor ketidaktepatan pemilihan model pembelajaran yang digunakan guru. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan sehingga ceramah menjadi pilihan utama dalam pembelajaran tersebut. Faktor lain yang berasal dari siswa adalah kurangnya minat dalam belajar bahasa indonesia, karena mereka menganggap bahwa pembelajaran bahasa Indonesia tidak menarik dan membosankan dan anggapan bahwa menulis teks berita adalah kegiatan yang sulit.

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah proses menulis teks berita menggunakan metode field trip siswa kelas VIII A MTs As Suwitamiyah Cibeureum? dan (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII A MTs As Suwitamiyah Cibeureum setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode field trip?.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs As Suwitamiyah Cibeureum. Objek dalam penelitian ini adalah hasil ulangan menulis teks berita. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui perhitungan dari masing-masing siklus kemudian dibandingkan yaitu antara hasil siklus I dengan hasil siklus II. Hasil ini akan memberikan gambaran mengenai persentase peningkatan keterampilan menulis teks berita dengan metode field trip, sedangkan teknik nontes yang digunakan adalah melalui observasi, jurnal, wawancara dan dokumentasi foto.

Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif dipakai untuk menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes menulis teks berita pada siklus I dan siklus II. Keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII A MTs As Suwitamiyah Cibeureum meningkat setelah menggunakan metode field trip sebesar 23,56. Rata-rata pada siklus I menunjukan peningkatan dibandingkan dengan rata-rata pada prasiklus 60,94 menjadi 72,75. Rata-rata yang dicapai pada siklus II sebesar 84,50, ini menunujukan peningkatan sebesar 11,81 dari prasiklus ke siklus I, 11,75 dari siklus I ke siklus II.

Perubahan tingkah laku yang tampak dalam pembelajaran menulis teks berita dengan metode field trip yaitu siswa merasa senang, lebih bersungguh-sungguh, aktif dan tidak mengganggu teman saat mengerjakan tugasnya.

Referensi

Akhadiah,Sabarti. dkk. 1998. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arikunto,Suharsimi. dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

------------------------------.2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Maateri Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Heriawan, Adang. dkk. 2012. Metodologi Pembelajaran Kajian Teoritis Praktis. Serang-Banten : LP3G.

Majid, Abdul. 2015.Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Riduan dan Sunarto. 2009. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi Komunikasi, dan Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta, cv.

Sumadiria, AS Haris. 2014. Jurnalistik Indonesia Menulis Berita dan Feature Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Edisi Revisi. Bandung : Angkasa.

Unduhan

Diterbitkan

01-09-2019