PENGARUH PEMBELAJARAN DRAMA BERBASIS AKTIVITAS FISIK TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN KEBUGARAN SISWA
Kata Kunci:
Aktivitas Fisik, Drama, Kebugaran SiswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh pembelajaran drama berbasis aktivitas fisik terhadap peningkatan keterampilan sosial dan kebugaran siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 60 siswa SMA yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran drama berbasis aktivitas fisik dan kelompok kontrol yang menerima pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam keterampilan sosial dan kebugaran fisik siswa pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Pembelajaran drama yang diintegrasikan dengan aktivitas fisik terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi, kerjasama, dan empati siswa. Selain itu, aktivitas fisik yang terlibat dalam pembelajaran drama membantu meningkatkan kebugaran jasmani siswa, seperti daya tahan kardiovaskular dan kekuatan otot. Observasi dan wawancara mendalam juga mengungkapkan bahwa siswa merasa lebih termotivasi dan terlibat dalam proses pembelajaran, yang meningkatkan rasa percaya diri dan keterampilan interpersonal mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran interdisipliner yang menggabungkan drama dan aktivitas fisik dapat menjadi metode efektif dalam mengembangkan keterampilan sosial dan kebugaran siswa secara holistik.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Admin Pendukung; Muhamad Juwayni, Madroni, Neni Yuhana, Nugraha Hari R

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.