KEKERASAN DALAM FILM DAN GAME PADA PENDIDIKAN
Kata Kunci:
Kekerasan, Film, Games, PendidikanAbstrak
Di Era globalisasi ini banyak sekali film dan games yang dapat mudah diakses oleh berbagai kalangan, terutama anak usia dini. Banyak para orang tua yang lebih memilih yang memberikan gadget kepada anak dengan alasan anak agar bisa tenang, tetapi hal tersebut sangatlah tidak benar. Gadget memliki banyak hal negatif pada anak, anak dapat mudah mengakses situs game atau bahkan mendownload game dan film yang tidak sesuai dengan usianya, salah satunya film dan game yang mengandung kekerasan yang dapat dengan mudah diakses oleh anak yang dapat menimbulkan perilaku agresif anak. Perilaku agresi adalah tingkah laku manusia yang dilakukan dengan tujuan untuk menyakiti manusia lain ataupun terhadap objek benda, baik itu secara fisik maupun secara non fisik. Karena anak selalu meniru apa yang dilihatnya, maka setelah bermain game atau menonton film yang mengandung kekerasan maka kemungkinan besar anak akan meniru kekerasan tersebut dan lebih memperhatikan perkembangan anak dan memberikan perhatian lebih terhadap si anak. Supaya anak tidak merasa diabaikan oleh orangtua, dan nantinya anak akan lebih memilih untuk bermain gadget dari padaberbicara dengan orangtua.
Referensi
Ma’ruf Hidayat. 2015. Perilaku Agresi Relasi Siswa di Sekolah. Aswaja Pressindo: Yohyakarta
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Suhanul Baqiyah, Nova Nurul As-Syifa

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.