Upaya Pengembangan Pembentukan Karakeristik Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Di Paud Sty Harmony
Kata Kunci:
Karakteristik Anak Usia Dini, Permainan TradisionalAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk
- Mengetahui peran guru dalam pengembangan pembentukan karakteristik anak usia dini melalui permainan tradisional.
- Untuk mengetahui proses kegiatan pengembangan pembentukan karakteristik anak usia dini.
- Untuk mengetahui cara guru mengatasi anak yang memiliki karakteristik yang berbeda.
- Untuk mengetahui media yang digunakan dalam upaya pengembangan pembentukan karakteristi anak usia dini melalui permainan tradisional.
- Untuk mengetahui cara guru mengevaluasi karakteristik anak usia dini melalui permainan tradisional. Yana terdiri dari 25 anak didik.
Waktu penelitian mulai tanggal 07 januari s.d 07 februari 2017 selama 1 bulan. Metode penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Pendidikan Anak Usia Dini yang merupakan sarana yang diperlukan anak untuk mempersiapkan diri baik jasmani maupun rohani sebagai bekal untuk memasuki jenjang pendidikan yang selanjutnya.
Referensi
Anwar, Ahmad, A (2004) Pendidikan Anak Usia Dini, Bandung Alfhabeta
Arikunto, Suharsimi. (1993). Prosedur Penenlitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta. Rieneka Cipta.
Atmadibrata, dkk (1982), Permainan Anak-Anak Daerah Jawa Barat. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Corbi (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D Bandung: CV Alfabetha
Cropley, A.J. (1994) Lifelong Education : A Stocktaking. Hamburg;UNESCO Institute for Education.
Dikti. (1994). Menyusun Program Belajar Mengajar. Jakarta.
------------ Pendidikan Anak Usia Dini (2002 ) Pelatihan Pengelolaan dan Tenaga Pendidik Kelompok Bermain, Jakarta.
Dit.PADU, DitjenPLSP, Depdiknas, Sekolah Al-Falah, Jakarta Timur dan CCCRT, (2004 ) Lebih Jauh tentang Sentra dan saat Lingkaran, Bermain Anak jilid 1, Pijakkan dan Penilaian Main Anak Usia Dini. Jakarta.
Dirjen Olahraga Depdiknas (2002). Model Pengembangan Motorik Anak Prasekolah Jakarta.
Hildebrand,Verna.(1986). Introductionto Early Childhood Education, 4th,ed. NewYork:Mac-MillanPublishingCo.
Ibrahim, Rusli. (2002). Landasan Psikologi Pendidikan Jasmani di sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Olah Raga, Departemen Pendidikan nasional.
Kurniati, Euis (2010). Program Bimbingan Untuk Mengembangkan Keterampilan Anak Melalui Permainan Tradisional. Tesis.Tidak diterbitkan.FIP UPI.
Mahendra. Agus (2007). Teori Belajar Mengajar Motorik Bandung:Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan.
Ma’mur, dkk (1999), Manajemen Strategis PAUD, Jogjakarta: Diva Press
Masitoh, dkk .(2007) .Strategi Pembelajaran TK .Jakarta : Universitas Terbuka .
MusfirohT. (2004). Bermain sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan (Stimulasi Multiple Intelligences Anak Usia Taman Kanak-kanak).
Nugraha,A.(2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini, Bandung:Jilsi Foundation.
Samsudin. (2008). Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-kanak, Jakarta: Lintera Prenada Media Grup.
Sofia Hartati (2007). How to be a Good Teacher and to be a Good Mother, Enno Media Jakarta.
Solehudin (2009) Permainan Anak-anak Daerah Jawa Barat Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Syodih,N ,(2008). Metode Penelitian pendidikan, Kerja Sama Program Pasca Sarjana UPI Bandung, Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2009) Metode Penelitian Pendidikan, Bandung:Alfabeta
Sukintaka. (1992). Teori Bermain (D2 PGSD Penjaskes) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sumantri, dkk (2007) Metode Pengembangan Fisik Jakarta:Universitas Terbuka.
Taylor,B.(1993). Science Everywhere. Rinehart. United States of Amerika.
Undang-Undang No. 20.Tahun 2003. (2009). Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Bandung: Citra Umbara.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Jurnal Pendidikan Mutiara

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.