Peranan Orang Tua Pada Pendidikan Anak Usia Dini
Kata Kunci:
Pendidikan Orang Tua terhadap Anak.Abstrak
Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan sesesorang untuk memiliki pengetahuan atau menambah pengetahuan seseorang. Melalui Pendidikanlahkita yang tidak mengetahui menjadi mengetahui, yang tadinya tidak bisa menjadi bisa, yang bodoh menjadi pintar.
Untuk mendapatkan itu semua memang perlu proses sehingga dengan proses tersebut kita bisa mengangkat diri kita menjadi orang yang memiliki pengetahuan atau memiliki pengalaman, dalam pengembangan pendidikan tentunya tidak terlepas dari peranan orang tua. Orang tua merupakan penjembatan peroleh pendidikan terhadap anak.
Mulai dari dalam kandungan, peran orang tua sudah bisa kita rasakan dan kita lihat. Orang tua selalu menjaga janin dalam perutnya supaya kelak dia bisa melahirkan dengan baik.
Dalam peranan orang tua dalam pendidikan anak ini tentunya orangtua pun harus memahami tujuan pembelajaran yang kelak dia bisa terapkan dalam mendidik anaknya kelak, untuk apa anak perlu belajar dan bagaimana proses dari pembelajarannya itu sendiri.
Referensi
Marde Pirdata,2009 : Landasan pendidikan” penerbit PT RINKA CIPTA,Jakarta.
A. Sudarjat, 1988.Sosiologi Pendidikan Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayan ,Dirjen PT,P2LPTK.
Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru.Bandung : Rosdakarya.
Sulistyowati,E.,Omegawati,W.H.,Hidaya t,M.L. (2013). Biologi Untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013. Klaten :IntanPariwara.
Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung : Alfabeta.
Sulistyowati, “Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dan Gaya Kognitif Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Kuta Kabupaten Badung”. Tesis Magister Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, 2010.
Suprijono, Agus. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.Jogjakarta : Pustaka Pelajar.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIPUPI, “Teori Psikologi Pendidikan” dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Ditulis oleh S.P. Sukartini dan M.I.F. Baihaqi, Bandung : IMTIMA, 2007. Hal 141.
Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Uno, B. Hamzah. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : BumiAksara.
Yudhawati, R dan Haryanto, D. (2011). Teori-teori Dasar PsikologiPendidikan. Jakarta : Prestasi Pustakarya.
Zakiah, Aghniyani, “Pengaruh
Penerapan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Bermedia vcd dan lks Terhadap Pencapaian Kompetensi Mata Pelajaran Sejarah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa” .Tesis Magister Universitas Sebelas Maret, Surakarta,2008.

Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2017 Jurnal Pendidikan Mutiara

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.