UPAYA MENINGKATAKAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI MENGGUNAKAN METODE BERMAIN DILINGKUNGAN PANTAI PADA KELAS VIII SMP ISLAM YABSI CIKUPA KABUPATEN TANGERANG
Kata Kunci:
Pembelajaran, Lompat Tinggi, Di Lingkungan PantaiAbstrak
Siswa dalam melakukan aktivitas belajar memerlukan dorongan tertentu agar siswa tersebut memiliki ketertarikan dan keaktifan ketika belajar penjasorkes. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan pembelajaran dengan metode barmain di lingkungan pantai. Tujuan dari penerapan model metode bermain di lingkungan pantai adalah siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan mendorong siswa agar lebih kreatif, menumbuhkan kepercayaan diri dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Penelitian ini dilakukan di SMP ISLAM YABSI CIKUPA Kabupaten Tangerang, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 37 siswa. Hasil belajar siswa menunjukan peningkatan yang cukup baik dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa tiap siklus. Rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 7,80 dan siklus II sebesar 8. Hal ini diperkuat lagi dengan obeservasi siswa yang mengalami peningkatan keaktifan siswa secara signifikans dan respon siswa terhadap penerapan metode bermain di lingkungan pantai dengan presentasi siklus 1 64,86% dan siklus 2 92,43%. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang baik, hasil observasi siswa mengalami peningkatan keaktifan siswa yang mendukung proses pembelajaran dan respon siswa terhadap metode bermain di lingkungan pantai sangat baik.
Referensi
Zainal, Aqib. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: CV. Yrama Widya.
Suharsimi, Arikunto dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian: suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Adi Mahasatya
Subagiyo. 2008. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta, Universitas Terbuka.
Nana Syaodih, Sukmadinata. 2004. Landasan psikologi proses pendidikan.
Bandung: Rosdakarya.
Syafaruddin, dan Irwan Nasution. 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: PT Ciputat Press.
Tulus, Tu’u. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo) .
Tudjai. 2000.
Analisis Hasil Belajar Kemampuan Kependidikan, dalam Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 2 No. 1.
Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Rochiati, Wiriaatmadja. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.
http://daniarpenjaskes.blogspot.com/?zx=14ea7741c8ff88a2)
http://eprints.uny.ac.id/7826/3/BAB%202%20-%2010601247062.pdf
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Muhammad Ivan Miftahul Aziz, Dede Saepullah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.