PENERAPAN HIDUP BERPANCASILA DALAM OLAHRAGA KEBUGARAN SENAM STKIP MUTIARA BANTEN TAHUN PENGAJARAN 2021/2022

Penulis

  • Christian Erikson Sitio STKIP Mutiara Banten

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan hidup berpancasila dalam olahraga kebugaran senam STKIP MUTIARA BANTEN T.P 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sampel penelitian ini di ambil 40% dari 1(satu) angkatan dari 123 jumlah mahasiswa/i dikelas PJKR angkatan 2021 Tahun Ajaran 2021/2022 dan diperoleh sampel 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan skala sikap, dan tes.

Hasil analisis dari pengolahan data penelitian diketahui besar adanya pengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan hidup berpancasila dalam olahraga kebugaran senam, semakin tinggi rasa persatuan dan kesatuan , maka semakin tinggi pula pola perilaku mahasiswa yang melakukan kebugaran senam contohnya, timbulnya giat belajar senam dan membantu teman mahasiswa dalam memecahkan masalah bentuk dan gerakan yang diterapkan dalam senam, ditambah dengan pola hidup dosen yang baik menambahkan rasa semangat, peduli, dan kualitas karakter mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari. Pengaruh positif lainnya pada mahasiswa dari sikap perhatian seorang dosen pembimbing senam adalah semakin tingginya hasil belajar mahasiswa contohnya, perhatian seorang dosen mampu meningkatkan semangat belajar dan berlatih mahasiswa terlebih dalam memecahkan gerakan gerakan yang sulit dilakukan dalam latihan senam dengan percaya diri, serta aktif dalam kegiatan diskusi dalam kelas dan lapangan.

Referensi

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta

Mallo, Manase. 1985. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Rajawali.

Unduhan

Diterbitkan

22-03-2022