Upaya Meningkatkan Kemampuani Menulis Pupuh Kinanti Bahasa Sunda dengan Menggunakan Teknik Celetuk di Kelas IX A Semester 5 (Ganjil) SMP Negeri 1 Kaduhejo Tahun Pelajaran 2018/2019

Penulis

  • Uyung Amilul Ulum
  • Sumiratna Dewi SMP Negeri 1 Kaduhejo

Kata Kunci:

Teknik Celetuk, Keaktifan, Hasil Belajar.

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui Teknik Celetuk dalam mata pelajaran bahasa Sunda pada Kompetensi Dasar Menulis/Memproduksi Pupuh Kinanti. Penelitian dilaksanakan di kelas IX A SMP Negeri 1 Kaduhejo, Kecamatan. Kaduhejo Kabupaten Pandeglang Prov. Banten. Penelitian dilatarbelakangi rendahnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran di kelas juga rendahnya kemampuan mereka dalam menulis pupuh kinanti. Hal ini terjadi karena penyampaian materi cenderung monoton, pembelajaran lebih dominan dilakukan oleh guru, dan belum digunakannya teknik pembelajaran yang tepat serta menarik.

Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar tes unjuk kerja menulis pupuh kinanti yang diberikan sebelum tindakan (pratindakan/prasiklus) dan setelah tindakan (prasiklus), juga format observasi untuk mengamati tingkat keterlibatan peserta didik. Pengumpulan data dan pengolahannya berdasarkan data yang didapatkan pada instrumen tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Sunda kompetensi dasar menulis Pupuh kinantimelalui Teknik Celetuk ternyata dapat meningkatkan keaktifan dan hasil hasil belajar siswadibandingkan dengan kegiatan pembelajaran sebelum dilaksanakannya penelitian tindakan kelas. Setelah diadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Teknik Celetuk ada peningkatan.

Hal ini dapat dilihat dari perubahan yang terjadi dari satu siklus ke siklus berikutnya. Tingkat keterlibatan atau keaktifan serta pencapaian kemampuan menulis pupuh kinanti semakin meningkat.

Referensi

Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka cipta

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Jakarta.

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Press.

Dimyati & Mudjion. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka cipta.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Fraenkel, Jack R. 2007. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: Mc Graw Hill.

Gall. Meredith G. 2003. Educational Research An Introduction. Boston: Allyn and Bacon.

Hamalik, Oemar. 2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Hanafiah, Nanang. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama

Jauhar, Mohammad.2011. Implementasi PAIKEM. Jakarta: Prestasi Putra Karya.

Keraf. Gorys. 2004. Komposisi. Ende: Nusa Indah.

Lie, Anita. 2009. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Grasindo.

McNiff, Jean. 2006. All You Need to Know About Action Research: An Introduction. London: Sage Publication.

Muhammad, Hamid.2003. Kurikulum 2004. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Pelton, Robert P, 2010. Action Research for Teacher Candidates. Maryland : Rowman and Littlefield Education

Rahardja, W. 2002. Sekitar Strategi Belajar mengajar dan Keterampilan Mengajar. Salatiga: Widyasar

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pemnbelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Semi, Atar. 2007. Dasar-dasar Ketrampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning.Bandung: Nusa Indah.

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2009. Cooperative Learning (Analisis Model Pembelajaran IPS). Jakarta: Bumi Aksara.

Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi). Bandung: Refika Aditama.

Suhendro, Bambang. 2006. Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran : Mata Pelajaran Bahasa Sunda. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Sudjana, Nana. (2013). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Algesindo

Suprijono, Agus. 2011. Cooprative Learning: Teori dan Aplikasi PIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syah, Muhibbin.2010.Psikologi Pendidikan.Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Tarigan H.G. 2008. Menulis sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

_______2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kenca

Trimansyah, Bamabang.2010. Jurnalistik Untuk Remaja.Jakarta: PT Karya Kita.

Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum.Yogyakarta: Andi Offsrt.

Widijanto, Tjahjono. 2007. Pengajaran Sastra yang Menyenagkan. Bandung: Pribumi Merkar.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2007. Penelitian Tindakan Kelas Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Zainurrahman. 2011. Menulis: Dari Teori hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta.

https://kuyahejo.com/pupuh -sunda/ 24 Agustus 2016

http://lanlanrisdiana.blogspot.com/2013/03/makalah-pupuh .html

https://budaya-indonesia.org/Pupuh - Kinanti

https://www.dgraft.com/travel/indonesia/ja wa/2015/09/pupuh -sunda/

Unduhan

Diterbitkan

01-09-2021