Analisis Pembelajaran Online Project Based Learning Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa

Penulis

  • Devi Elisa
  • Novianti Sisilia STKIP Mutiara Banten

Kata Kunci:

Online Project Based Learning, Berpikir Kreatif, Keterampilan Proses Sains

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh implementasi online project based learning dan berpikir kreatif terhadap keterampilan proses sains siswa SD Negeri 1 Cimanggu. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain treatment by level 2x2. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes berpikir kreatif dan keterampilan proses sains. Analisis data menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan keterampilan proses sains siswa yang belajar dengan online project based learning dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan penugasan konvensional. 2) Terdapat perbedaan keterampilan proses sains yang menggunakan pembelajaran online project based learning dan penugasan konvensional pada kelompok siswa berpikir kreatif tinggi. 3)Terdapat perbedaan keterampilan proses sain yang menggunakan online project based learning dan penugasan konvensional pada kelompok siswa yang berpikir kreatif rendah. 4) terdapat pengaruh interaksi atara pembelajaran online project based learning dan berpikir kreatif terhadap keterampilan proses sains siswa di sekolah dasar. Hasil pengujian anava diperoleh nilai nilai Fhitung = 4,34 dan nilai kritik Ftabel= 3,58 dengan dk (1,68) pada taraf á = 0,05 dengan demikian, kedua faktor tersebut tidak dapat diabaikan karena saling berinteraksi satu dengan yang lainnya.

Referensi

Dididk. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009

Hamalik, Oemar.Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2009

Ikhsan, Fuad.Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2005

Juhji. “Peningkatan Keterampilan Proses Sains SIswa melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing”, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA Vol. 2 No. 1, Juni 2016, 58 – 70

Olivia, Femi.Gembira Belajar dengan Mind Mapping. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2008

Susman,Kathleen M. Discovery-Based Learning In The Life Sciences. New Jersey: Wiley-Blackwell, 2015

Syah, Darwyan; Supardi dan Eneng Muslihah.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Diadit Media, 2009

Sugiyono.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2011

Unduhan

Diterbitkan

01-09-2021