Analisis Pembelajaran Online Project Based Learning Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa
Kata Kunci:
Online Project Based Learning, Berpikir Kreatif, Keterampilan Proses SainsAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh implementasi online project based learning dan berpikir kreatif terhadap keterampilan proses sains siswa SD Negeri 1 Cimanggu. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain treatment by level 2x2. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes berpikir kreatif dan keterampilan proses sains. Analisis data menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan keterampilan proses sains siswa yang belajar dengan online project based learning dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan penugasan konvensional. 2) Terdapat perbedaan keterampilan proses sains yang menggunakan pembelajaran online project based learning dan penugasan konvensional pada kelompok siswa berpikir kreatif tinggi. 3)Terdapat perbedaan keterampilan proses sain yang menggunakan online project based learning dan penugasan konvensional pada kelompok siswa yang berpikir kreatif rendah. 4) terdapat pengaruh interaksi atara pembelajaran online project based learning dan berpikir kreatif terhadap keterampilan proses sains siswa di sekolah dasar. Hasil pengujian anava diperoleh nilai nilai Fhitung = 4,34 dan nilai kritik Ftabel= 3,58 dengan dk (1,68) pada taraf á = 0,05 dengan demikian, kedua faktor tersebut tidak dapat diabaikan karena saling berinteraksi satu dengan yang lainnya.
Referensi
Dididk. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009
Hamalik, Oemar.Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2009
Ikhsan, Fuad.Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2005
Juhji. “Peningkatan Keterampilan Proses Sains SIswa melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing”, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA Vol. 2 No. 1, Juni 2016, 58 – 70
Olivia, Femi.Gembira Belajar dengan Mind Mapping. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2008
Susman,Kathleen M. Discovery-Based Learning In The Life Sciences. New Jersey: Wiley-Blackwell, 2015
Syah, Darwyan; Supardi dan Eneng Muslihah.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Diadit Media, 2009
Sugiyono.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2011
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pendidikan Mutiara

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.