Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan
Kata Kunci:
Model problem based learning, hasil belajar, pencemaran lingkunganAbstrak
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan mengguakan model problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada konsep pencemaran lingkngan. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan subjek 30 orang siswa kelas X IPA 3 SMAN 5 Pandeglang. Parameter yang diukur pada ranah kognitif adalah perubahan penguasaan konsep yang diukur melalui pretest dan posttest menggunakan instrument 20 butir soal pilihan ganda. Ranah psikomotor diukur secara non test melalui pengamatan keterampilan kegiatan percobaan dan pemecahan masalah.
Ranah afektif diukur melalui pengamatan sikap keterbukaan, ketekunan, kerjasama, disiplin, jujur, dan tanggung jawab selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan rata-rata skor pretest 45,1 dan posttest 86,7 dengan selisih 41,6 dan beda nyata dalam uji t berpasangan.
Tingkat perubahan hasil belajar siswa berada dalam kategori tinggi (N-gain=0,75). Rata-rata nilai sikap 82,5, rata-rata nilai keterampilan 82,6. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan model PBL dalam membelajarkan konsep pencemaran lingkungan sangat tepat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, maupun psikomotor. Siswa merespon positif.
Referensi
Amir Taufiq, M., 2009. Inovasi pendidikan melalui model problem based earning. Kencana Prenada Group. Jakarta
Arikunto, S., 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. PT Rineka Cipta. Jakarta
Cartono. 20010. Evaluasi hasil belajar. Prisma Press. Bandung
Permana Stiadi, T., 2008. Ilmu pengetahuan alam, Grafindo Media Pratama.Bandung
Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.Bandung
Sukmadinata syaodih, N., 2009. Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda karya. Bandung.
Syaripudin, Tatang. 2007. Landasan Pendidikan, Percikan Ilmu. Bandung
Septiana Inu Riska, Y., 2013. Penerapan pembelajaran berbasis masalah pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Cinde Semarang. Skripsi Ikip PGRI Semarang: Tidak diterbitkan.
Susanto, A., 2013. Teori belajar dan pembelajaran. Kencana Prenada media Group.Jakarta
Sumantri. A., 2010. Kesehatan Lingkungan, Kencana Media Group. Jakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pendidikan Mutiara

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.