PENGARUH PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KESEHATAN MENTAL SISWA MELALUI AKTIVITAS FISIK
Kata Kunci:
Pembelajaran Bahasa Indonesia, Aktivitas Fisik, KreativitasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran sastra Indonesia dalam meningkatkan kreativitas dan kesehatan mental siswa melalui aktivitas fisik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 60 siswa SMA yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran sastra Indonesia berbasis aktivitas fisik, dan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam tingkat kreativitas dan kesehatan mental siswa pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Aktivitas fisik yang terintegrasi dalam pembelajaran sastra Indonesia terbukti efektif dalam merangsang imajinasi, meningkatkan kebugaran fisik, dan mengurangi stres. Siswa juga melaporkan peningkatan motivasi belajar dan perasaan positif terhadap diri mereka sendiri.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran interdisipliner yang menggabungkan sastra dan aktivitas fisik dapat menjadi alternatif efektif dalam mendukung perkembangan holistik siswa. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya inovasi dalam metode pengajaran untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan menyenangkan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Admin Pendukung; Uyung Amilul U, Sananta Prayojana, Sofwan, Suhanul Baqiah, Tri Hendro

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.