PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Penulis

  • Aan Amirudin
  • Abdul Gofur F
  • Ahmad Mubarok
  • Arif Komarudin

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian adalah siswa kelas X di SMAN 2 Pandeglang, yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Peningkatan hasil belajar ini terlihat dari perbandingan nilai pretest dan posttest yang menunjukkan peningkatan rata-rata skor yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen. Selain itu, aktivitas belajar siswa di kelompok eksperimen juga meningkat, ditandai dengan partisipasi aktif dan keterlibatan dalam proses pembelajaran. Temuan ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dapat menjadi alternatif efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah bahwa guru dapat mempertimbangkan penerapan model pembelajaran berbasis proyek sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Penelitian ini merekomendasikan pengkajian lebih lanjut terkait penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada berbagai jenjang pendidikan dan mata pelajaran lainnya.

Unduhan

Diterbitkan

10-12-2024