PENGEMBANGAN KETERAMPILAN DASAR ATLETIK PADA MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan keterampilan dasar atletik pada mahasiswa program studi Pendidikan Jasmani melalui penerapan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen diberikan pembelajaran atletik dengan menggunakan model pembelajaran langsung yang dikombinasikan dengan permainan edukatif dan umpan balik langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam keterampilan dasar atletik, seperti teknik lari, lompat, dan lempar, pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Analisis data menggunakan uji t menunjukkan nilai p < 0,05, yang mengindikasikan bahwa model pembelajaran yang diterapkan memberikan pengaruh positif terhadap pengembangan keterampilan dasar atletik. Studi ini juga mengungkapkan bahwa mahasiswa yang terlibat dalam pembelajaran berbasis permainan edukatif menunjukkan tingkat motivasi dan keterlibatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode pembelajaran tradisional. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan yang lebih interaktif dan menyenangkan dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran atletik. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran yang inovatif, seperti kombinasi model pembelajaran langsung dengan permainan edukatif dan umpan balik langsung, dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan dasar atletik pada mahasiswa Pendidikan Jasmani. Implikasi praktis dari hasil penelitian ini adalah perlunya pengembangan kurikulum yang lebih dinamis dan adaptif untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran mahasiswa.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Admin Pendukung; Mahpud Yusuf

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.