ANALISIS ALIH KODE DAN CAMPUR KODE SERTA IMPLIKASINYA DALAM INTEGRASI SOSIAL PADA TUTURAN MAHASISWA ASRAMA STKIP MUTIARA BANTEN

ANALISIS ALIH KODE DAN CAMPUR KODE SERTA IMPLIKASINYA DALAM INTEGRASI SOSIAL PADA TUTURAN MAHASISWA ASRAMA STKIP MUTIARA BANTEN

Penulis

  • Rini Apriani STKIP Mutiara Banten
  • Arifin Sitio STKIP Mutiara Banten
  • Uyung Amilul Ulum STKIP Mutiara Banten

Kata Kunci:

Alih Kode, Campur Kode, Implikasi, Integrasi Sosial

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan keberagaman bahasa yang terdapat pada pola interaksi mahasiswa asrama STKIP Mutiara Banten. Penggunaan bahasa yang dimaksud yaitu wujud alih kode serta campur kode dan implikasinya serta integritas sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dan mengggunakan jenis penelitian etnografi. Data dalam penelitian ini adalah data lisan berupa tuturan dari mahasiswa asrama STKIP Mutiara Banten. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, teknik simak, teknik catat, teknik rekam dan wawancara serta instrumen atau alat penelitian adalah peneliti itu sendiri. Hasil penelitian ini analisis data dengan cara mengklasifikasikan wujud, jenis, faktor penyebab dan dampak alih kode (intern, ekstern dan kontinum).

Implikasinya penggunaan alih kode dalam interaksi mahasiswa asrama STKIP Mutiara Banten yaitu keseringan Mahasiswa Asrama di STKIP Mutiara Banten khususnya dari luar daerah, menggunakan bahasa daerahnya sendiri dan mempertahankan bahasanya sendiri, sehingga banyak bahasa yang tidak dipahami dan tidak dimengerti oleh yang lainnya. Tidak hanya itu, ketika mereka sering menggunakan bahasa daerahnya orang yang di sekelilingnya tidak mengerti makna bahasa yang dibicarakan mereka, sehingga berpikiran "suudzon" atau artinya berprasangka buruk, orang yang di sekeliling mereka merasa terasingkan dan diabaikan.

Selain itu, beragamnya bahasa yang digunakan mahasiswa asrama STKIP Mutiara Banten, mereka menguasai kosa kata baru dari bahasa tersebut dan mahasiswa asrama terpengaruh oleh bahasa yang digunakan sehari-hari oleh mahasiswa asrama yang lain. Maka dari itu, integrasi sosial sangat penting dalam keberagaman bahasa, kelompok suku, ras dan etnis, agar keberagaman tersebut dapat bersatu.

Referensi

Ardiana, Putu. 2021. Metodelogi Penelitian Bidang Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Achmad, H.P., dan Alek Abdullah. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Erlangga.

Andewi Suhartini, Jurnal Pendidikan Belajar Tuntas: Latar Belakang, Tujuan, Dan Implikasi, (Makassar: Vol 10, No 1, 2007), hlm. 42-43.

Creswell, W.J. 2010. Research Design.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2014. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Densin, K.N; dan Lincoln, S.Y. 2009. Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibnu, S; Mukadis, A; dan Dasna, W. 2003. Dasar-dasar Metodologi Penelitian. Malang: Lemlit UM. Miles, M. B. and Huberman, A. M. 1994. Qualitative Data Analysis: An Expanded

Sourcebook. London: Sage.

Ibrahim, Abdul Syukur. 1995. Sosiolinguistik. Surabaya: Usaha Nasional.

Jendra, Made Iwan Indrawan. 2012. Sosiolinguistic The Study Of Societie Language. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kridalaksana, Harimurti. 2011. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Moleong, J.L. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Mulyani. 2020. Praktik Penelitian Linguistik. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Mirnawati, Mira. 2015. Sosiolinguistik: Malabar Sayama. Gorontalo: Ideas Publishing.

Masruddin. 2015. Sosiolinguistik. Palopo: Read Institute Press.

Noor, J. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Nababan, P.W.J. 2017. Sosiolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: PT Gramedia.

Pateda, Mansoer. 1990. Sosiolinguistik. Angkasa, Bandung.

Rokhman, Fathur. 2013. Sosiolinguistik:

Suatu Pendekatan Pembelajaran Bahasa Dalam Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahardi, R. Kunjana. 2015. Kajian Sosiolinguistik: Ihwal Kode dan Alih Kode. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sumarsono. Sosiolinguistik. 2014.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumarsono dan Paina Partana. 2004,

Sosiolinguistik. Yogyakarta: Sabda Sukmadinata. S.N. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Silalahi, Ulber. 2010. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Groub.

Sidiq, Umar. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Dibidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Sarosa, Samiaji. 2017. Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar. Jakarta: Indeks.

Tarigan, H. G. 2015. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Ulum, U. A. (2017). Tindak Tutur Cowong Studi Kasus Realisasi Kesantunan

Berbahasa di Kalangan Pelajar. EJurnal Pendidikan Mutiara, 2(1), 104- 114.

UM. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Tugas Akhir, Laporan Penelitian. Malang: UM.

Warisman. 2014. Sosiolinguistik: Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran. Malang : Universitas Brawijaya Pres (UB Pres).

Wijana, I Dewa Putu dan Muhammad Rohmadi. 2013. Sosiolinguistik : Kajian Teori dan Analisis.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijayanti, K. D. Baster Pada Penutur Bilingual Jawa-Indonesia. In

Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMATIKS) (Vol. 1, pp. 732-740).

Yendra. 2018. Mengenali Ilmu Bahasa Linguistik. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Unduhan

Diterbitkan

28-06-2024