PENGARUH PEMBELAJARAN PROYEK DAN DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK ALAM BAHRIATUL ULUM
PENGARUH PEMBELAJARAN PROYEK DAN DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK ALAM BAHRIATUL ULUM
Kata Kunci:
Pembelajaran Projek, Demonstrasi, KognitifAbstrak
Pengaruh pembelajaran proyek terhadap kemampuan kognitif anak usia dini. Pada judul ini peneliti memakai sampel 20 dengan populasi 30 siswa dengan menggunakan metode Kuantitatif, dengan menggunakan alat ukur SPSS22 dengan hasil perbandingan 8 dan 7 yang artinya pembelajaran proyek lebih berpengaruh terhadap kemampuan kognitif anak usia dini. Pembelajaran pada anak usia dini hendaknya melalui interaksi langsung dengan objek-objek nyata, dan pengalaman konkret dengan menggunakan berbagai media dan sumber belajar, agar apa yang dipelajari anak menjadi lebih berkesan dan bermakna, karena dengan dihadapkannya dengan benda-benda konkret anak lebih mudah mengigat suatu kejadian yang dialaminya secara langsung dibanding ketika anak hanya disuruh membayangkan suatu kegiatan. Hasil penerapan Pengaruh Pembelajaran Proyek dan Demonstrasi Terhadap Kemampuan Kognitif anak usia dini memperoleh nilai rata-rata sebesar 37,40, dan pada pengujian anova diperoleh nilai Fhitung / Thitung = 2,093, dan Ttabel = 2,086 dengan df (1) pada taraf sig 0,05. Hasil penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Kognitif anak usia dini memperoleh nilai rata-rata sebesar 37,50, dan pada pengujian anova diperoleh nilai Fhitung / Thitung = 2,093, dan Ttabel = 2,086 dengan df (1) pada taraf sig 0,05. Hal ini disebabkan karena Pengaruh Pembelajaran Proyek dan Demonstrasi Terhadap Kemampuan Kognitif anak mampu meningkatkan motivasi peserta didik, membuat peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran. Tidak seperti model pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered) sehingga sangat tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Referensi
Dwi Arisadewi, Made. (2019). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Pengukuran Anak Kelompok B Gugus Cempaka Kecamatan Kuta Utara. Bali : Universitas Pendidikan Ganesha.
Elihami, Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Pembelajaran Fiqh Di Pesantren Melalui Konsep Pendidikan Nonformal, Jurnal Edukasi Nonformal.
Khusnul Khotimah, Lailatul. (2020). Penerapan Metode Proyek Untuk Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Muslimat NU 07 Sumber Bahagia. Lampung : IAIN Metro
Moleong, Lexy. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Rosdakara.
Munjin nasih (2013 : 63) Metode Demonstrasidan hasil belajar anak Purwadaminta, Dalam Buku Sudjana S, Metode Dan Teknik Pembelajaran, (Bandung: Falah Prodution), 2010
Roni Hariyanto Bhidju, Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode Demonstrasi, (Malang:Cv Multi Media), 2020
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA
Yetti Hidayatillah. Metode Pembelajaran Guru Dan Dosen Kreatif. (Wonocolo: CV. Global Aksara Press).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Devi Elisa, Bayu Purnama Galuh, Widya Ningsih

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.