PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DAN POSTER TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KOBER KADUMANTUNG KECAMATAN KARANGTANJUNG PANDEGLANG

PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DAN POSTER TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KOBER KADUMANTUNG KECAMATAN KARANGTANJUNG PANDEGLANG

Penulis

  • Devi Elisa STKIP Mutiara Banten
  • Agung Nurul Hidayat STKIP Mutiara Banten

Kata Kunci:

Media audio visual, Poster, Kemampuan membaca huruf hijaiyah

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan media audio visual  dan poster apakah terdapat pengaruh penggunaan media audio visual  dan poster terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia 5-6 tahun di KOBER Mawar Kadumantug Kecamatan Karangtanjung Pandeglang.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen karena peneliti ingin mengetahui secara pasti pengaruh penggunaan media audio visual  dan poster terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah usia anak 5-6 tahun di dua kelompok sampel yang dijadikan penelitian. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Multiple Group Design. Penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran membaca huruf hijaiyah dengan menggunakan media audio visual dan poster memiliki pengaruh positif. Pengujian hipotesis ini di uji dengan uji anova 2 jalur, dengan kriteria pengujian: jika thitung > ttabel maka Ha diterima. Sedangkan, jika thitung < ttabel maka Ho ditolak. Berdasarkan nilai sigifikansi adalah adalah sebagai berikut: Jika Sig.(2-tailed) > 0,05 maka Ha diterima. Sedangkan, jika Sig. (2-tailed) > 0,05 maka Ha ditolak, dengan tingkat signifikani a= 5%. Berdasarkan perhitungan, menunjukkan bahwa thitung > ttabel (Th : 6,753 > Tt : 1,703) pada taraf signifikansi 5% maka Ha diterima. Selain itu, hasil perhitungan N-gain dari selisih pretest posttest media audio visual = 18,00 dan pretest postest media psoter = 17,60 maka selisih keduanya yaitu sebesar 0,04 antara X1 dan X2. Artinya terdapat perbedaan anatara kelompok media audio visual dan kelompok media poster. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran media audio visual lebih unggul daripada pembelajaran dengan menggunakan media poster.

Referensi

Alucyana. Raihana. Utami, D.T. (2020). “Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Kartu Huruf Hijaiyah di Paud”. Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan. Vol. 17. (1), 46-57.

Amalia (2020). Pengaruh Media Audio visual Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Anak Usia 4-5 Tahun Di TK AMALIANUR Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi UIN Sumatra Utara Medan

Amalia, A.N. Suryono. & Arthur, R. (2023). Penyusunan Instrument Penelitian, Pekalongan, Jawa Tengah: PT Nasya Expanding Menegement.

Amirudin. (2023). Metode-metode Mengajar Perspektif Al-Qur’an dan Hadist dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran PAI Yogyakarta: CV Budi Utama.

Ardial. (2014). Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arifa, D. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Cerpen Dengan Metode P2R, Malang: Media Nusa Creative.

Bahrun, M. (2023). Belajar Membaca dengan Menggunakan Media Kartu Duduk Suku Kata Bergambar, Penerbit P4I,2023.

Buulolo, F.A. Herawati, J. & Herlina, E.S. (2023). “Pengaruh Penggunaa Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4-6 Tahun Pada Kelompok B di TK Negeri Pembina Siborong-borong”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini: KHIRANI. Vol. 1. (3) 133-139.

Damayanti. (2021). Penggunaan Media Audio visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah, Purwokerto: CV. Tatakata Grafika.

Desaini, Y. & Istiqomah, S. (2023). “Penggunaan Media Audio visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Anak Usis 4-5 Tahun”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini dan Al-Qur’an. Vol.2. (2), 105-115.

Edi, F.R.S. (2016). Teori Wawancara Psikodiagnostik, Yogyakarta: LeutikaPrio.

Elendiana, M. (2020). “Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 2. (1), 54-60.

Gabriela, A.D.P. (2021). “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audiovisual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 2. (1), 104-113.

Handayani, L.T. Asmuji (2023), Statistik Deskriptif, Jember: UM JEMBER PRESS.

Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Membaca”. Jurnal Didaktika.Vol. 9. (1), 1-8.

Hasan, R.O. (2016). “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Papan Magnetik Pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas VI SLB Karya Padang”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Vol. 3. (2), 115-125.

Hasani, A. (2016). “Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia”. Jurnal Membaca. Vol. 1. (2), 187-194.

Ilham, M. et.al. (2023). Media Pembelajaran: Teori, Implementasi dan Evaluasi, Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Ismawati. Nurtiana, A.T. & Hanum, C.F. (2023). “Pengembangan Media Audio visual Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Kelompok A TK AL KAWANAD Banda Aceh”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Vol. 4. (1), 1-14.

Marzoan, L. (2023). “Penggunaan Metode Al-Barqy dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Pada Kelompok B Di PAUD Al-Abrar Tahun Pelajara 2022/2023”. Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan. Vol.2. (2), 223-229.

Masitoh (2019). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Pada Siswa Kelas I MI Raudlatul Athfal Pucung Bambankerep Ngaliyan Kota Semarang Tahun Ajaran 2019/2020. UIN Walisongo Semarang

Maslahah, W. & Fitria, T. (2023). “Pangaruh Media Poster Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa MTs Abad 21”. Jurnal Ilmu Pendiidikan. Vol. 5. (2), 1301-1307.

Masrifah, A. et.al. (2023). Media Iteraktif Pembelajaran IPAS, Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Megawati. (2017). “Pengaruh Media Poster Terhadap Hasil Belajar Kosakata Bahasa Inggris”. Getsempena English Education Journal. Vol. 4. (2), 101-117.

Misbahudin & Hasan, I. (2013). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nugraheni, N. (2017). “Pendampingan pembuatan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar”. Jurnal Kreatif 121-126.

Nurhayati. et.al. (2022). “Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Media Kartu Gambar pada Anak”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 6. (3), 2183-2191.

Oktrifianty, E. & Amelia, R. (2021). “Perbedaan Media Poster dan Karikatur Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas III di MIS Daarl Muqimien”. Jurnal of Elementary Education. Vol.1. (2), 59-68.

Palupi, A.T. et.al. (2023). Metode dan Media Inovatif, Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Parnawi, A. (2020). Optimalisasi Kepuasan Kerja Tenaga Kependidikan, Yogyakarta: CV. Budi Utama

Perwita, D. (2021). Metode Team Accelerated Instruction (TAI) Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Tangerang Selatan: Pasca Books.

Rahardjo, S. & Gudnanto. (2022). Pemahaman Individu Teknik Nontes, Jakarta: Prenada Media

Rahman, B. & Hartono. (2014). “Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas 1 SDN Bajayau Tengah 2”. Jurnal Prima Edukasi. Vol. 2. (2), 127-137.

Rahman, R.H. (2021). “Penerapan Media Audio visual Dalam Akhlak Anak Sekolah Dasar Di Masa Pandemi”. Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman. Vol.21. (1), 46-54.

Roflin, E. Liberty, I.A. & Pariyana. (2021). Populasi Sampel Variabel Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Sugiyono. (2022), Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Edisi 2, Bandung: ALFABETA,cv.

Sumartono. & Astuti, H. (2018). “Penggunaan Media Poster Sebagai Media Komunikasi Kesehatan”. Jurnal Komunikolog. Vol. 15. (1), 8-14.

Suryaningsih, A. & Kurniawan, A. (2019). Teknik Pengelolaan Audiovisual Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Susanti, S. et.al. (2021). Desain Media Pembelajaran SD/MI, Aceh: Yayasan Penerbit Muhamad Zaini.

Susanto, A. & Radiallahunha, D. (2021). ”Pengaruh Media Poster Terhadap Kreativitas dan Inovasi Anak dalam Pembelajaran Tematik”. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Vol. 2. (2), 101-106.

Sutha, D.W. (2019). Biostatitika Malang: Media Nusa Creative.

Syafril. (2019), Statistika Pendidikan, Edisi 1, Jakarta: Kencana.

Udju, A.A.H. et.al. (2022). “Penggunaan Media Gambar dan Kartu Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini”. Jurnal Obsesi: Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 6. (6), 6723-6731.

Unduhan

Diterbitkan

28-06-2024