Penggunaan Model Pembelajaran STEM pada Pembelajaran di SMK
Kata Kunci:
Pembelajaran, STEM, SMKAbstrak
Seiring dengan pembelajaran abad 21 tersebut, model pembelajaran STEM (science, technology, engineering dan mathematics, menuntut peserta didik untuk mengidentifikasi suatu masalah menciptakan sesuatu yang berguna dalam menyelesaikan permasalahan, berkolaborasi dengan teman-teman sekelas dalam rangka pemecahan masalah serta dapat berkomunikasi secara efektif serta menanggapi ide satu dengan yang lainnya. Pembelajaran menggunakan STEM terbukti dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis siswa, Pembelajaran STEM dapat diintegrasikan dengan beberapa model pembelajaran seperti Project Based Learnig, Problem Based Learning maupun model pembelajaran kooperatif; Pembelajaran STEM membuat siswa lebih percaya diri terhadap karir kedepan dalam bidang STEM, Pembelajaran STEM sangat cocok digunakan pada pembelajaran abad 21
Referensi
Amirullah, G., & Irdalisa, I. (2022). Mastery of STEM-Based Research Approach of Science Teachers
In Jakarta. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 4411–4418.
Azhar, M., & Arsih, F. (2022). Etno-Stem Dalam Pembelajaran Ipa: A Systematic Literature Review.
Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 147–163.
Bybee, R. W. (2013). The case for STEM education: Challenges and opportunities.
Council, N. R. (2012). A framework for K-12 science education: Practices, crosscutting concepts, and core ideas. National Academies Press.
Dywan, A. A., & Airlanda, G. S. (2020). Efektivitas model pembelajaran project based learning berbasis STEM dan tidak berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Basicedu, 4(2), 344–354.
Fadlina, F., Artika, W., Khairil, K., Nurmaliah, C., & Abdullah, A. (2021). Penerapan model discovery learning berbasis STEM pada materi sistem gerak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(1), 99–107.
Fathoni, A., Muslim, S., Ismayati, E., Rijanto, T., & Nurlaela, L. (2020). STEM: Innovation in Vocational Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17(1), 33–42.
Izzati, N., Tambunan, L. R., Susanti, S., & Siregar, N. A. R. (2019). Pengenalan pendekatan STEM sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. Jurnal Anugerah, 1(2), 83–89.
Kapila, V., & Iskander, M. (2014). Lessons learned from conducting a K-12 project to revitalize achievement by using instrumentation in Science Education. Journal of STEM Education, 15(1).
McCright, A. M. (2012). Enhancing students’ scientific and quantitative literacies through an inquiry- based learning project on climate change. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 12(4), 86–101.
Rahmawati, L., & Juandi, D. (2022). Pembelajaran matematika dengan pendekatan stem: Systematic literature review. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(1), 149–160.
Riyanto, R., Fauzi, R., Syah, I. M., & Muslim, U. B. (2021). Model STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dalam Pendidikan.
Rokhim, D. A., Widarti, H. R., & Fajaroh, F. (2020). Pengembangan Bahan Belajar Flipbook pada Materi Redoks dan Elektrokimia Berbasis Pendekatan STEM-PjBL Berbantuan Video Pembelajaran. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 234–250.
Sartika, D. (2019). Pentingnya pendidikan berbasis STEM dalam kurikulum 2013. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 3(3).
Setiawan, N. C. E., Sutrisno, S., Munzil, M., & Danar, D. (2020). Pengenalan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dan Pengembangan Rancangan Pembelajarannya untuk Merintis Pembelajaran Kimia dengan Sistem SKS di Kota Madiun. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 56–64.
Wahyuni, N. P. (2021). Penerapan pembelajaran berbasis STEM untuk meningkatkan hasil belajar IPA.
Journal of Education Action Research, 5(1), 109–117.
Wandani, S., Setyansah, R. K., & Masfingatin, T. (2023). Development of Mathematics e-Modules based on PjBL STEM on Materials Constructing Flat Side Spaces to Improve Mathematical Communication Ability of Junior High School Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 533–548.
Wulandari, A. E., Sari, D. P., Pratiwi, E., & Aras, I. (2023). Development of STEM-Based Learning “Car Balloons” to Support Pancasila Students Profiles. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 373–382.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rudi Yana Jaya

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.