PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK USIA DINI

Penulis

  • Bayu Purnama Galuh STKIP Mutiara Banten
  • Devi Elisa STKIP Mutiara Banten
  • Reni Riana STKIP Mutiara Banten

Kata Kunci:

Minat Belajar, Video Animasi

Abstrak

Media merupakan suatu sarana yang dapat digunakan dalam menyalurkan ilmu, sehingga dapat merangsang terjadinya suatu proses pembelajaran dalam diri murid. Video pembelajaran merupakan salah satu media pembelajaran audio visual, yang diartikan sebagai bentukan media baik software maupun hardware yang mengandung dan mampu menyampaikan pesan-pesan pembelajaran secara auditif dan visual. Dalam penelitian ini, metode yang dipakai diantaranya wawancara untuk mengetahui proses pembelajaran dan minat anak, metode observasi untuk mengetahui proses pembelajaran, metode ceklis untuk mengetahui minat anak, dan metode test digunakan untuk mengetahui hasil belajar anak. Minat belajar anak setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan vidio berbasis animasi juga menjadi bertambah dengan empat katagori, menyenangkan 92% dengan kritrtia sangatbaik, perhatian anak 84% dengan kriteria sangat baik, ketertarikan anak 80% dengan kriteria sangat baik dan keterlibatan anak dalam belajar 92% dengan kriteria sangat baik sedangkan hasil belajar anak sebelum diadakan perlakuan pembelajaran (pretest) dengan vidio berbasis animasi mendapatkan nilai rata-rata 56,4 atau 56,4% dan setelah diadakan perlakuan (postest) degan pembelajaran vidio berbasis animasi dengan niali rata-rata 86,4 atau 86,4%.

Referensi

Arikunto, 2013. Proedur Penelitian, suatun Pendekatan Peraktik. Jakarta : Renika Cipta

Asnawir dkk,2012. Media pembelajaran. Jakarta : Ciputatprest.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Ningsi, Budi. 2005. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Bungin, Burhan.2011. Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Kencana Perdana Media Grup.

Dimyati, Mudjiono. 2015. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamalik. 2021. Manajemen pengembangan kurikulum. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Komalasari. 2014. Pembelajaran Kontekstual Konsef dan Aflikasi. Bandung : Refika Aditama.

Muhibbin Syah.2013. psikologi belajar. Jakarta : PT Baja Grafindo Persada.

Nurhasanah, S.,& sobandi.2016. Minat Belajar ebagai determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran 1(1). Diakses pada 12 juni 2019 (http://ejurnal.upi/index/jpmanper/article/view/3264).

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu : Teori, Praktik, dan Penilaian. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman. 2001. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta : PT. Raja.

Semiawan, Coony.r.2002. Belajar dan Pembelajaran Dalam Taraf Usia Dini. Jakarta : PT Ikrar Mandiri Abadi.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Undang-undangf No 20 tahunm 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Sudjana 2010. Dasar-dasar Prosedur Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana & Ahmad Rival. 2012. Media Pengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Sugiono. 2014. Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bintang CV Alfabet.

Unduhan

Diterbitkan

07-06-2023

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama