PENGARUH VIDIO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA ANAK DI PAUD AN-NISA KEC.BANJAR PANDEGLANG BANTEN

Penulis

  • Bayu Purnama Galuh STKIP Mutiara Banten
  • Reni Riana STKIP Mutiara Banten

Kata Kunci:

Video Pembelajaran, Minat, Hasil Belajar

Abstrak

Berdasakan pengamatan ketika guru belajar didalam kelas megalami kesulitan dalam menyampaikan kepada anak, anak tidak tertarik dengan media gambar, merasa jauh, bermain dengan temanya sendiri dan hanya beberapa yang memperhatikan itu terjadi karna guru sudah sering dalam menggunakan media gambar jadi anak merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif media vidio pembelajaran terhadap minat dan hasil belajar. Metode yang dipakai menggunakan empat metode. Metode wawancara, metode observasi, metode ceklis, dan metode test digunakan untuk mengetahui hasil belajar anak. Tahapan penelitian ini diawali dengan pra penelitian yaitu observasi awal dan merancang penelitian, tahapan penelitian yaitu melaksanakan penelitian untuk mengambil data, dan pasca penelitian yaitu menyimpulkan hasil penelitian dengan mengelola data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa minat belajar anak setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan vidio berbasis animasi juga menjadi bertambah dengan empat katagori, menyenangkan 92% dengan kritrtia sangatbaik, perhatian anak 84% dengan kriteria sangat baik, ketertarikan anak 80% dengan kriteria sangat baik dan keterlibatan anak dalam belajar 92% dengan kriteria sangat baik sedangkan hasil belajar anak sebelum diadakan perlakuan pembelajaran (presertest) dengan vidio berbasis animasi mendapatkan nilai rata-rata 56,4 atau 56,4% dan setelah diadakan perlakuan (postes) degan pembelajaran vidio berbasis animasi dengan niali rata-rata 86,4 atau 86,4%. Guru agar dapat menerapkan media animasi dalam proses belajar mengajar dengan menyesuaikan karakteristik materi pelajaran dalam rangka meningkatkan hasil belajar anak.

Referensi

Arikunto, 2013. Proedur Penelitian, suatun Pendekatan Peraktik. Jakarta : Renika Cipta

Asnawir dkk,2012. Media pembelajaran. Jakarta : Ciputatprest.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Ningsi, Budi. 2005. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Bungin, Burhan.2011. Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Kencana Perdana Media Grup.

Dimyati, Mudjiono. 2015. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Elrasyid, 2015. Pengertian Pendidikan Menurut Ahli. Diambil kembali dari Akademia Edu:http://www.academia.edu/7916988/pengertian pendidikan menurut para ahli (Diakses pada tgl 6-2-2021,pukul 19.32

Hamalik. 2021. Manajemen pengembangan kurikulum. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Komalasari. 2014. Pembelajaran Kontekstual Konsef dan Aflikasi. Bandung : Refika Aditama.

Muhibbin Syah.2013. psikologi belajar. Jakarta : PT Baja Grafindo Persada.

Nurhasanah, S.,& sobandi.2016. Minat Belajar ebagai determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran 1(1). Diakses pada 12 juni 2019 (http://ejurnal.upi/index/jpmanper/article/view/3264).

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu : Teori, Praktik, dan Penilaian. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman. 2001. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta : PT. Raja.

Semiawan, Coony.r.2002. Belajar dan Pembelajaran Dalam Taraf Usia Dini. Jakarta : PT Ikrar Mandiri Abadi.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Undang-undangf No 20 tahunm 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Sudjana 2010. Dasar-dasar Prosedur Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana & Ahmad Rival. 2012. Media Pengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Sugiono. 2014. Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bintang CV Alfabet.

Unduhan

Diterbitkan

28-10-2022