EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA NILAI KOGNITIF SELAMA PANDEMI COVID-19 DI PAUD KECAMATAN PANDEGLANG

Penulis

  • Devi Elisa STKIP Mutiara Banten
  • Khoiruniisa Maulidia STKIP Mutiara Banten

Kata Kunci:

Efektivitas, Pembelajaran Online, Hasil Belajar Nilai Kognitif.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan kekuatan otot lengan pada permainan bulutangkis melalui ketepatan dan kecepatan pukulan smash pada siswa putra kelas VIII SMPN 2 Cipeucang Kab. Pandeglang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Penelitian ini menunjukkan bahwa ketepatan dan kecepatan smash menggunakan latihan kekuatan otot lengan (pull up) memberikan pengaruh positif. Pengujian hipotesis ini diuji dengan uji analisis regresi berganda, uji t parsial dan uji f. dengan kriteria pengujian: jika thitung > ttabel, maka Ha diterima. Sedangkan, jika thitung < ttabel maka Ha ditolak. Hasil uji t kekuatan otot lengan (X) terhadap ketepatan smash (Y1) yaitu hasil perhitungannya yang menunjukkan bahwa t hitung sebesar 2,619 > t tabel yaitu 2,160 taraf signifikan 5% dan db 13, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil uji t kekuatan otot lengan (X) terhadap kecepatan smash (Y2) yaitu hasil perhitungannya yang menunjukkan bahwa t hitung sebesar 2,886 > t tabel yaitu 2,160 taraf signifikan 5% dan db 13, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan latihan kekuatan otot lengan terhadap ketepatan dan kecepatan pukulan smash siswa kelas VIII SMPN 2 Cipeucang Kab. Pandeglang.

Referensi

Anggito, Albi & Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat : CV Jejak

Arsyad, Azhar. R. 2014. Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: ALFABETA.

Baharuddin, & Esa Nur Wahyuni. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Chabibie, M. Hasan, Wildan Hakim. 2016. Pengaruh Penerimaan Teknologi dengan Kebergunaan Web: Studi Kasus Portal Rumah Belajar Kemendikbud. ULTIMACOMM. 8 (1): 37-59.

Dahar, Ratna Willis. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Enok Uluwiyah. 2018. Efektivitas Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al Hikmah Bandar Lampung.

Enterprice, Jubilee. 2012. Chatting Tanpa Batas Menggunakan Whatsapp. Jakarta: PT. Elex Media Komputido Kelompok Gramedia, Anggota IKAPI

Fajria Astri, dkk. 2021. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan. Yogyakarta : UAD Press.

Firman, F, dan Sari,R. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Scienc, 2 (2), 84.

Hadion, Wijoyo, dkk. 2021. Efektivitas Proses Pembelajaran di Masa Pandemi. Sumatra Barat : Insan Cendekia Mandiri.

Handayani, Suci. 2019. Buku Model Pembelajaran Speaking Tipe STAD yang Interaktif Fun Game Berbasis Karakter Cooperative Learning. Ponorogo: Uwais Inspiasi Indonesi.

Husamah, Yuni Pantiwati, Arina Restian, & Puji Sumarsono. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Ilmi, Ahmad Dzul. 2020. Variasi Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Sulawesi Selatan : IAIN Parepare Nusantara Press

K Gilang, R. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring. Jawa Tengah : Lutfi Gilang

Mudjianto, Bambang. 2018. Tipe Penelitian Eksploratif Komunikasi. Jurnal Studi Komukasi dan Media, 22 (1), 65-74

Mulatsih, Bekti. 2020. Penerapan Aplikasi Google Classroom, Google Form, dan Qiizizz Dalam Pembelajaran Kimia di Masa Pandemi COVID-19.

Mulyanto, Dede. 2020. Pandemi Covid-19: Kapitalisme dan Sosialisme. (Jakarta : Intrans Instittute)

Nurdin. 2021. Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 687

Nurhalimah, Siti, dkk. 2019. Media Sosial dan Masyarakat Pesisir: Refleksi Pemikiran Mahasiswa Bidikmisi. Yogyakarta: CV. Budi Utama

O Mandagi, Mieke, I Nyoman Sudana Degeng. 2019. Model dan Rancangan Pembelajaran. (Malang: CV. Seribu Bintang)

Purwanto, Agus, dkk. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of education, Psychology and Counseling, 2 (1), 5

Puspitasari, Intan. 2021. Optimalisasi Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi. (Yogyakarta : UAD PRESS)

Rahartri. 2019. “Whatsapp” Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah di Kawasan Puspiptek). Visi Pustaka. 21(2): 148

Said, Nur Ichsan. 2021. Efektivitas Pembelajaran Online Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMA Negri 20 Makasar. (Makasar : Universitas Muhammadiyah)

Satrianingrum, Arifah Prima. Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 634

Shihab, Najela. 2020. Surat Kabar Guru Belajar : Sekolah Lawan Corona. Jakarta : Kampus Guru Cikal

Sumarsono, Puji, Siti Inganah, Daroe Iswatiningsih, Husamah. 2020. Belajar dan Pembelajaran di Era Milenial. 2020: Universitas Muhammadiyah Malang

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kualitati, kuanttaif, dan R&D). Bandung : CV, Alfabeta.

Susanti, Lidia. 2021. Strategi Pembelajaran Online yang Inspiratif. Jakarta : PT Gramedia

Thobroni. M. 2015. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Arruz Media

Yani, Ahmad. 2021. Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani. Malang : Ahlimedia Press

Unduhan

Diterbitkan

28-10-2022